Home / Daerah / SMP NEGERI 1 KOTABARU SIAP HADAPI UNBK
klik disini

SMP NEGERI 1 KOTABARU SIAP HADAPI UNBK

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kotabaru, H. Patahudin, S.Pd

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kotabaru, H. Patahudin, S.Pd

SWARA PENDIDIKAN.CO.ID , KOTABARU (KALSEL) – Sebagai  salah satu sekolah favorit yang ada di Kabupaten Kotabaru dan merupakan sekolah yang sudah cukup banyak mencetak manusia-manusia yang berhasil, SMP Negeri 1 Kotabaru sudah jauh-jauh hari mempersiapkan anak didiknya untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer. Sebagai satu-satunya sekolah yang melaksanakan UNBK, SMP Negeri 1 Kotabaru sudah pula melakukan persiapan-persiapan menjelang UNBK 2016.

Pihak SMP Negeri 1 Kotabaru juga melakukan studi banding ke SMK Negeri 1 Kotabaru untuk untuk persiapan UNBK. Pihak sekolah juga mengadakan pertemuan dengan orang tua murid untuk membahas masalah kekurangan sarana komputer atau laptop. Hasil pertemuan dengan orang tua murid akhirnya disepakati dan menyambut baik solusi yang dilemparkan oleh pihak sekolah untuk meminjam komputer atau laptop murid untuk kelancaran pelaksanaan UNBK. Jumlah siswa-siswi SMP Negeri 1 Kotabaru yang kan mengikuti UNBK 2016 ini berjumlah 297 siswa dengan unit komputer yang tersedia sekitar 120 unit.

Suasana saat simulasi UNBK di SMPN 1 Kotabaru

Suasana saat simulasi UNBK di SMPN 1 Kotabaru

Pihak sekolah juga sudah membeli beberapa server dan UPS untuk mendukung pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 1 Kotabaru. Pembelian server dan UPS tersebut menggunakan anggaran dana BOS. Pihak sekolah juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak PLN Cabang Kotabaru dan Telkom Kotabaru yang saat itu dilakukan di ruang Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru. Pihak PLN Cabang Kotabaru menjaminpasokan listrik tidak ada gangguan, dan jalur SMP Negeri 1 Kotabaru berada di jalur 2 yang jarang sekali terjadi pemadaman arus listrik oleh PLN. Begitu juga dengan pihak Telkom akan membantu pihak sekolah menyiapkan jaringan internet yang stabil saat UNBK berlangsung. Beberapa tekhnisi juga sudah dipersiapkan untuk mendudkung terlaksananya UNBK.

Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kotabaru, H. Patahudin, S.Pd , disela-sela pelaksanaan simulasi UNBK di SMP Negeri 1 Kotabaru memberikan keterangan kepada swarapendidikan.co.id bahwa persiapan menjelang UNBK ini pihaknya sudah memberikan materi-materi kepada siswa disamping memberikan bimbingan belajar yang sudah berlangsung selama 3 bulan sejak Januari hingga Maret.  Selain itu ada juga siswa yang melaksanakan less private dirumah untuk menambah materi untuk UNBK. H. Patahudin, S.Pd juga mengarahkan agar siswa mereka bisa mendownload contoh-contoh soal UNBK dari internet.

“Kami berharap semoga pelaksanaan UNBK 2016 ini berjalan baik dan lancar dan anak-anak kami bisa meraih hasil yang maksimal” ungkap H. Patahudin, S.Pd.

Salah satu siswa yang dimintai keterangannya oleh swarapendidikan.co.id, Irfan Saputra siswa IX H, mengatakan sudah menyiapkan tambahan belajar denga less private, juga bimbingan belajar disekolah. Irfan juga mengatakan agak sedikit gugup saat pelaksanaan UNBK nanti, namun dia optimis saja akan berhasil. (thalita)

Leave a Reply

Your email address will not be published.