Home / Berita Pilihan / SMKN 3 Depok Gandeng PNJ Tingkatkan Program BDP
klik disini

SMKN 3 Depok Gandeng PNJ Tingkatkan Program BDP

Swara Pendidikan.co.id – (Depok)

Geliat peningkatan mutu pendidikan diSMKN 3 Depok khususnya jurusan pemasaran melakukan terobosan kerjasama dengan pihak Poltek Negeri Jakarta (PNJ) program studi (Prodi) S1-terapan Broadband Multimedia diaula SMKN 3 Sabtu (7/10).

Menurut Kepala SMKN 3 Depok Lusi Triana program kerjasama dengan menggandeng PNJ memang dibutuhkan khususnya pada jurusan pemasaran yang memanfaatkan tehnologi informasi dan melibatkan guru dan siswa.

“Dengan perkembangan dunia pemasaran saat ini penggunaan tehnologi informasi sudah menjadi keharusan,karena itu sesuai dengan perubahan kurikulum yaitu bisnis dalam jaringan pemasaran (BDP) maka pihak SMKN 3 memperkuat kemampuan sistem pemasaran melalui kemajuan tehnologi informasi,”terang Lusi.

Ia menambahkan istilah daring (dalam jaringan) atau bisnis online membutuhkan kemampuan inovasi dan pengoperasiannya tehnologi informasi agar produk yang ditawarkan dapat dikenal luas dan menarik bagi konsumen.

Kepala SMKN 3 Depok Lusi Triana saat memberikan sambutan kerjasama denga PNJ.

“Intinya program BDP merupakan kerja pemasaran dengan meninggalkan pola pemasaran konvesional, karena itu pola pemasaran yang berbasis tehnologi informasi atau melalui online menjadi trend di masa sekarang dan dimasa yang akan datang, untuk itu membutuhkan persiapan sedini mungkin agar bisa menyesuaikan saat mereka lulus sekolah,”imbuh Lusi.

Rencananya selain kemampuan pemasaran, Kepala SMKN 3 akan memprogramkan secara bertahap produk khusus SMKN 3 agar mempunyai prototype barang dagangan untuk dipasarkan sekaligus memahami perijinan dagang agar para siswa lebih siap lagi untuk terjun didunia enterpreuner.

“Insya Allah lulusan SMKN 3 khususnya pemasaran akan lebih disiapkan untuk bisnis secara mandiri dengan berbagai ketrampilan dan wawasan pemasaran,”pungkas Kepala SMKN 3.

Saat ini jumlah siswa SMKN 3 Depok mencapai 1170 orang.Sedangkan untuk jurusan pemasaran dari kelas 10 hingga kelas 12 mencapai hampir 200 siswa,selebihnya jurasan  tehnik konstruksi beton dan bangunan (TKBB), Tehnik Komputer dan Jaringan (TKJ), perbankan Syariah (PSY), akutansi perkantoran (AP).

Sementara itu Ketua Pelaksana  Prodi S1 – terapan Broadband Multimedia Fathurahman menjelaskan bawa kerjasama dengan pihak SMKN merupakan program kegiatan pengabdian masyarakat yang melibatkan dosen dan mahasiswa agar memberikan bimbingan teknis terhadap kebutuhan pihak sekolah.

“Kerjasama ini memperkuat kebutuhan sekolah diantaranya sistem pemasaran berbasis online,kita berikan wawasan dan ketrampilan tentang tehnologi informasi terkait pemasaran sekaligus fasilitas berupa modem dengan akses pointnya baik kepada guru dan siswa,”jelas Fathurahman.

Ia juga menandaskan program ini walau satu tahun sekali dapat dilanjutkan sesuai kebutuhan pihak sekolah agar pemanfaatan kerjasama ini dapat tepat sasaran dan berimplikasi bagi kemajuan sekolah tersebut,”tandas Fathurahman.

Tampak hadir dalam acara tersebut Kepala Jurusan Elektro Nuhung Suleman didampingi jajarannya dan Wakasek SMKN 3 serta Kepala Program Pemasaran SMKN 3 Depok.(Harlis/Syahrul).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.