Home / Berita Pilihan / SMA N 1 Babelan Gelar IHT Penilaian HOTS

SMA N 1 Babelan Gelar IHT Penilaian HOTS

IHT HOTS dibuka Kepala KCD wilayah 3, Herry Pansila diikuti 53 guru. Dihadiri Kepala SMA N 1 Babelan, Abu Darda, Pengawas Pembina, Dra. Hj. Henny Maryani, MPd, serta narasumber DR. H. Tatang Sunendar, MSi dari LPMP Jabar.

Swara Pendidikan.co.id (BEKASI) – SMA N  1 Babelan, bekasi mengadakan In House Training (IHT) Pengembangan Pembelajaran dan Penilaian HOTS (High Order Thinking Skill) di aula pertemuan SMA N 1 Babelan, Bekasi. Jumat (24/8/18).

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari (Jumat – Sabtu) dibuka Kepala KCD wilayah 3, Herry Pansila diikuti 53 guru. Dihadiri Kepala SMA N 1 Babelan, Abu Darda, Pengawas Pembina, Dra. Hj. Henny Maryani, MPd, serta narasumber DR. H. Tatang Sunendar, MSi dari LPMP Jabar.

Menurut Kepala KCD wilayah 3, Herry Pansila Pengembangan soal HOTS atau kemampuan berfikir tingkat tinggi ini memerlukan berbagai kriteria. “Baik dari segi bentuk soalnya maupun konten materi subyeknya. Baik yang berbentuk pilihan ganda atau uraian secara umum sama dengan penulisan soal tingkat rendah, tetapi ada beberapa ciri yang membedakannya,” terang Herry Pansila.

Herry berharap guru-guru peserta HOTS ini semangat dalam menerima materi, sehingga ilmu yang didapatkan bisa langsung diterapkan.

Sementara itu dikatakan Tatang Sunendar, terdapat beberapa cara yang dapat dijadikan pedoman para penulis soal untuk menulis butir soal yang menuntut berpikir tingkat tinggi. Diantaranya materi yang akan ditanyakan diukur dengan perilaku. Misalnya sesuai dengan ranah kognitif Bloom dan setiap pertanyaan diberikan dasar pertanyaan (stimulus) dan soal mengukur kemampuan berpikir kritis. “Agar butir soal yang ditulis dapat menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi, maka setiap butir soal selalu diberikan dasar pertanyaan (stimulus) yang berbentuk sumber/bahan bacaan seperti teks bacaan, paragrap, kasus, gambar, grafik, foto, rumus, tabel, daftar kata/simbol, contoh, peta, film, atau suara yang direkam,” paparnya. (harlis)

53 guru SMAN 1 Babelan mengikuti IHT HOTS

Leave a Reply

Your email address will not be published.