Home / Berita Pilihan / Siswa SMAN 2 Depok Wakili Indonesia di Ajang International Earth Science Olympiad (IESO) Perancis.
klik disini

Siswa SMAN 2 Depok Wakili Indonesia di Ajang International Earth Science Olympiad (IESO) Perancis.

Rifki Andika pelajar SMAN 2 Depok

Swara Pendidikan.co.id (Jakarta)  — Rifki Andika pelajar SMAN 2 Depok, salah satu dari empat siswa terbaik Indonesia terpilih menjadi duta muda bangsa untuk berlaga diajang International Earth Science Olympiad (IESO), 22-29 Agustus di Nice-Cote D’Azur, Perancis. Para siswa terbaik ini merupakan juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2016 dan hasil seleksi Pelatnas Olimpiade Kebumian tahun 2017.

Selain Rifki Andika, tiga siswa lainnya, yaitu, Alse Nabilah (SMA Kesatuan Bangsa BBS, Jogjakarta), Fransiskus Litani Santoso (SMAK Ketapang, Jakarta), dan Fadly Muhammad Aulia (SMA Al-Kautsar, Bandar Lampung).

Selama mengikuti IESO di Perancis, mereka akan didampingi tiga orang pembina bidang meteorologi, Zadrach L Dupe, MSc., (ITB), bidang astronomi, Dr. Hakim L. Malasan (ITB), dan bidang oceanografi, Ir. Warsito Atmodjo, MSc, (Undip), serta satu orang observer, Asep Sukmayadi (Direktorat Pembinaan SMA, Kemendikbud).

Prestasi terbaik Tim Indonesia adalah pada 4th IESO 2010 di Indonesia, dengan prestasi 2 medali emas dan 6 medali perak. Terakhir  pada  10th IESO 2017 di Jepang, anggota tim Indonesia meraih 1 medali perak dan 3 medali perunggu serta 1 penghargaan emas untuk ITFI dan ESP.

“Indonesia sendiri telah berpartisipasi pada IESO mulai tahun 2007,” ujar Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud, Purwadi Sutanto kepada awak media kemarin.

Dia berharap, delegasi Indonesia dapat menorehkan prestasi lebih baik, sebab mereka merupakan para siswa pilihan yang memiliki kompetensi dan tidak kalah dengan siswa dari negara-negara manapun di dunia.

Tempat terpisah, Rahmad Muhammad yang belum lama menjabat  Kepala SMAN 2 Depok menggantikan Dede Agus mengaku bangga siswa didiknya terpilih mewakili Indonesia diajang bergensing OSN Internasional.

“Sebuah kebanggaan bagi kami, semoga prestasi yang telah dicapai oleh Rifki Andika dapat diikuti oleh adik-adik kelasnya juga para pelajar di Kota Depok. Aamiin,”  ujar Rahmad Bangga. (Harlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published.