Home / Berita Pilihan / Simulasi UNBK di SMP Mutiara Bangsa Berjalan Lancar
klik disini

Simulasi UNBK di SMP Mutiara Bangsa Berjalan Lancar

Fatimah staf SMP Mutiara Bangsa bersama siswi

suasana simulasi di SMP Mutiara Bangsa

Swara Pendidikan.co.id (DEPOK) – Simulasi  Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dimulai selama dua hari Senin, (19/3) hingga Selasa (20/3) di SMP Mutiara Bangsa berjalan baik dan lancar, tidak ada kendala pada perangkat hardwarenya, listrik maupun jaringan internetnya.

“Alhamdulillah hingga hari terakhir, semua berjalan sesuai rencana sehingga anak-anak bisa melaksanakan simulasi  dengan baik,” ujar Kepala SMP Mutiara Bangsa, Suwanto yang ditemui Swara Pendidikan usai memantau pelaksanaan simulasi UNBK hari terakhir, Selasa (20/3/18).

Suwanto melanjutkan, untuk simulasi UNBK tahun ini diikuti sebanyak 72 siswa dengan 68 unit komputer dan laptop, “belum termasuk 5 unit komputer cadangan dan 3 server.”

“Intinya SMP Mutiara Bangsa, untuk perangkat komputer tidak ada kendala. Kami sengaja sebagian memakai laptop agar saat padam listik, siswa tidak terganggu dan  tetap fokus dalam mengerjakan soal. Tetapi kami tetap siapkan genset untuk antisipasi jika terjadi pemadaman listrik,”  tuturnya.

Suwanto juga menjelaskan, anak-anak disini sudah terbiasa dengan IT, sebab sudah menjadi kegiatan sehari-hari siswa dalam kegiatan belajar. “baik UTS maupun Semesteran, semuanya sudah CBT. Jadi siswa disini semua paham betul ujian dengan menggunakan komputer.”

Meski masing-masing mata pelajaran yang disimulasikan hanya 20 soal, lanjut dia, siswa tetap diminta serius mengerjakan simulasi itu, karena hasilnya dinilai seperti pekerjaan kelas. Diharapkan saat ujian sesungguhnya hasilnya bisa lebih memuaskan.

Sementara itu, usai pelaksanaan simulasi UNBK hari kedua, Beberapa siswi yang dimintai tanggapannya mengatakan tidak ada kendala saat mengerjakan soal. mereka juga mengaku sudah terbiasa mengerjakan soal dikomputer.

“Mudah-mudahan saat menghadapi ujian yang sesungguhnya kami bisa mendapatkan nilai yang memuaskan dan bisa melanjutkan ke Sekolah negeri,” ucap mereka kompak. (gus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.