Home / Pemerintahan / Sekolah Pra Nikah di Harapkan Mampu Tekan Angka Perceraian

Sekolah Pra Nikah di Harapkan Mampu Tekan Angka Perceraian

Bunda Elly bersama awak media Sekber Wartawan Depok

Swara Pendidikan.co.id (Depok) – Tingginya angka cerai muda di Kota Depok, mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggulirkan program Sekolah Pra Nikah.

Hal itu disampaikan Bunda Elly Farida, Ketua TP PKK Kota Depok saat menghadiri undangan ngopi bareng di Kantor Sekretariat (Sekber) Wartawan Depok, Jum’at (20/9/19).

“Gagasan ini muncul  ketika kami diskusi dengan Ketua Pengadilan Agama Kota Depok terkait tingginya angka perceraian keluarga muda,” ungkap Bunda Elly didampingi Kepala Bidang Ketahanan Keluarga dan Keluarga Berencana, Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Ani Rahmawati.

Bunda Elly didampingi Kepala Bidang Ketahanan Keluarga dan Keluarga Berencana, Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Ani Rahmawati.

“Program ini merupakan salah satu upaya Pemkot melihat keprihatinan potret keluarga muda, dan Sekolah Pra Nikah ini bagian dari ikhtiar kami dalam menyiapkan keluarga muda yang tangguh. Tentunya dengan cara mendidik calon pengantin melalui pembekalan pengetahuan guna mengarungi bahtera rumah tangga kedepannya,” papar Ketua TP PKK Kota Depok yang juga istri Walikota Depok.

Jadi yang harus dipahami calon pasutri, kata Bunda Elly.  Pernikahan bukan hanya sekedar masalah percintaan. Lebih dari itu bagaimana memelihara cinta terhadap pasangan hidup setelah pernikahan berlangsung.

“Ketahanan pernikahan berangkat dari makna pemahaman keluarga itu sendiri. Mereka harus diberikan penjelasan agar tali pernikahan yang sudah diikat tidak mudah lepas dan mereka harus membuat perencanaan, sehingga permasalahan yang akan timbul didalam menjalankan bahtera rumah tangga bisa diatasi dan pasangan bisa awet sampai akhir hayat,” urainya.

Bunda Elly berharap, melalui sekolah Pra Nikah ini mampu menekan angka perceraian.  “Karena mereka sudah mendapatkan ilmu dan pengetahuan sebelum menjalaninya,” ujar Bunda Elly yang menyebut bahwa sekolah Pra Nikah, hanya ada satu-satunya di Kota Depok dan sudah meluluskan 3 angkatan. (***)

Penulis : Ika

Editor : Agus SP

Leave a Reply

Your email address will not be published.