Home / Berita Pilihan / Sekber Wartawan Depok Sukses Gelar Diskusi dan Workshop Pelatihan Jurnalistik
klik disini

Sekber Wartawan Depok Sukses Gelar Diskusi dan Workshop Pelatihan Jurnalistik

Peserta Workshop pelatihan Jurnalistik

Swara Pendidikan.co.id (DEPOK) – Sebagai  bagian dari rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 bertajuk “Festival Literasi Wisata”. Sekretariat Bersama (Sekber) Wartawan Kota Depok sukses menggelar diskusi bertajuk “Menggali Potensi Wisata Kota Depok” dan Workshop Pelatihan Jurnalistik untuk pelajar dan mahasiswa. Kamis (15/2/18).

Kegiatan yang dipusatkan di gedung Perpustakaan Umum Kota Depok  menghadirkan Ketua Umum Jaringan Jurnalis Indonesia Yaya Suryadarma, Putra Gara (wartawan senior, penulis serta budayawan), dan pemerhati situ, Nurdin (Cah Bagus).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, Sidik Mulyono, dalam sambutan pembukaan berharap  dengan adanya diskusi wisata ini bisa menggali potensi-potensi wisata yang ada di Kota Depok yang belum terpublikasikan.

“Peran media sangat penting dalam memberikan informasi kepada masyarakat khususnya wisata di Kota Depok. Dalam kesempatan yang baik ini, saya berharap teman-teman pers khususnya yang tergabung dalam Sekber Wartawan Depok bisa ikut membantu mempublikasikan objek-objek wisata yang ada di Kota Depok ini,” ujar Sidik.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Wisata (Disporyata) Kota Depok, Yelis Rosdiana memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Dia berharap diskusi seperti ini bisa lebih sering diadakan sehingga bisa memancing geliat wisata serta mengangkat potensi wisata Kota Depok itu sendiri.

“Wisata kota Depok sebenarnya tidak hanya wisata setu/situ saja, masih banyak potensi-potensi wisata yang harus digali di Kota Depok seperti wisata kuliner, wisata pertanian dan wisata peternakan. Melalui diskusi-diskusi inilah potensi-potensi tersebut bisa tergali,” papar Yelis.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Presidium Sekber Wartawan Depok Herry Budiman didampingi Sekjennya, Yohanes Hutapea mengatakan bahwa acara pelatihan jurnalistik tingkat pelajar dan mahasiswa ini sebagai pintu pembuka dimulainya program Sekber yang melibatkan kaum muda Kota Depok dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

“Pelatihan ini juga sebagai pintu pembuka dimulainya salah satu program kerja Sekber Wartawan Kota Depok yakni “Sekber goes to School” dan “Sekber goes to Campus” dimana kita akan melakukan roadshow ke sekolah-sekolah dan memberikan pelatihan jurnalistik dasar kepada pelajar-pelajar di Kota Depok untuk memancing minat kaum muda terhadap literasi,” paparnya.

Herry menambahkan, Festival Literasi Wisata sendiri merupakan rangkaian acara menyambut peringatan HPN 2018 yang diselenggarakan Sekber Wartawan Kota Depok berupa lomba fotografi wisata Depok, lomba penulisan artikel wisata Depok, diskusi wisata, pelatihan jurnalistik, “dan puncaknya nanti pada 27 Februari mendatang,” pungkasnya. (San/Sekber/gus)

Ketua dan Sekjen Presidium Sekber Wartawan Depok berfoto bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published.