Home / Berita Pilihan / SDN Sukmajaya 1 Berkasih Sayang Dengan Alam

SDN Sukmajaya 1 Berkasih Sayang Dengan Alam

Kepala SDN Sukmajaya 1 Tukinem bersama siswa,guru, dan orangtua siswa ikut menghias pohon.

Swara Pendidikan.co.id – ( Depok)

Sebagai salah satu sekolah yang mendapatkan  penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi selama dua tahun sejak 2016 dan 2017, dan ditahun 2018 masuk sebagai calon peserta sekolah Adiwiyata Nasional, SDN Sukmajaya 1 terapkan berkasih sayang dengan alam dilingkungan halaman sekolah pada Sabtu (24/8/2018).

Disela kesibukannya Kepala SDN Sukmajaya 1 Tukinem menerangkan,“Tujuan berkasih sayang dengan alam kita wujudkan dengan memilah sampah jangan sampai mencemari lingkungan sekaligus memanfaatkan sampah sebagai karya seni dan pengembangan wirausaha yang memiliki nilai jual,”terang Tukinem.

Ia juga mencontohkan bekas tali rapiah yang dipilin untuk mengikat dan kain bekas atau  bahan percak sebagai kreasi hias dipohon menjadi salah satu wujud kepedulian terhadap tumbuhan,”demikian contohnya.

“Dengan mahluk hidup seperti tumbuhan kita memiliki hubungan simbosis mutualisme dan itu perlu diingatkan sejak dini kepada peserta didik sekaligus kita melibatkan orangtua untuk berkasih sayang dengan alam agar dapat diterapkan dilingkungan masing – masing,”kata Kepala SDN Sukmajaya 1.

Kepala SDN Sukmajaya 1 saat menunjukkan penghargaan Adiwiyata tingkat Propinsi selama dua tahun berturut turut.

“Intinya bila kita berkasih sayang dengan alam maka alam pun juga akan mengasihi kita dan dapat terhindar dari bencana alam,”ujarnya.

Sementara itu perubahan yang telah dirasakan pihak sekolah selama dua tahun ini tidak lagi mengalami banjir dikarenakan telah membuat sumur resapan dan biopori dan pemanfaatan lahan lebih hijau dan bersih. Adapun penghijauan dengan memilih tumbuhan yang tidak manja seperti kimpul , singkong dan pisang yang perawatannya tidak memerlukan perawatan khusus.

Kedepannya Kepala SDN Sukmajaya1 berharap mendapat perhatian terhadap kondisi sarana dan prasarana agar dukungan sebagai sekolah Adiwiyata dapat terwujud sesuai dengan harapan bersama sekaligus menjadi sekolah ramah anak,”harap Tukinem. (rul)

Ruang kelas dengan tema alam sekaligus sebagai kelas belajar yang dapat menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.