Home / Berita Pilihan / SDN Anyelir 2 Gulirkan Program Rabu Tanpa Jajan
klik disini

SDN Anyelir 2 Gulirkan Program Rabu Tanpa Jajan

SDN Anyelir 2 Depok

SDN Anyelir 2 Depok

Kepala SDN Anyelir 2, Abu Mutholib, SPd

Kepala SDN Anyelir 2, Abu Mutholib, SPd

swarapendidikan.co.id (PANCORANMAS) – Guna mendukung pendidikan karakter, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Anyelir 2, mengulirkan program satu hari tanpa jajan di lingkungan sekolah yang dilaksanakan setiap hari Rabu.

Program Rabu tanpa jajan (RTJ) setiap hari Rabu ini menurut Kepala SDN Anyelir 2, Abu Tholib, SPd ini bertujuan untuk mendukung program pendidikan karakter serta menjaga kesehatan dari jajanan yang tidak sehat.

“Seluruh siswa dari kelas 1 sampai kelas 6 diwajibkan membawa bekal sendiri dari rumah. Termasuk guru-gurunya. Kantin juga kita minta setiap Rabu tidak berjualan,” ujar Abu diruangan kantornya beberapa waktu lalu.

Selain mengurangi volume sampah dilingkungan sekolah, kata Abu lagi,  RTJ ini juga membentuk sikap saling berbagi, serta mendidik anak untuk menyukai masakan bundanya. Disamping juga menjaga kesehatan dari jajanan yang tidak sehat.

“Terbukti dengan program yang sudah berjalan sejak bulan lalu, 12 tong sampah yang setiap hari selalu penuh dengan berbagai jenis plastik dan kertas sisa makanan yang mereka beli dikantin sekolah, setiap Rabu tidak lagi dipenuhi sisa jajanan,” tandas Abu. Dia juga bersyukur gerakan Rabu tanpa jajan ini ternyata mendapat dukungan luar biasa dari orang tua dan wali murid.

Apa yang telah digulirkan oleh SDN Anyelir 2 ini,  sehari tanpa jajan hanyalah satu dari sekian banyak solusi yang mungkin dapat menyelesaikan masalah. Tetapi, lebih dari itu, gerakan sehari tanpa jajan adalah salah satu bentuk kesadaran partisipatif terhadap isu-isu lingkungan yang ada. Yang memang harus kita tanamkan kepada anak-anak sejak dini. (gus)

http://www.smpganesa.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.