Home / Berita Pilihan / Sariyo; 3 Hal Penting Dalam Penataan Asset Sekolah
klik disini

Sariyo; 3 Hal Penting Dalam Penataan Asset Sekolah

Swara Pendidikan.co.id – (Sawangan)

Pentingnya penataan asset sekolah – sekolah negeri dikarenakan memiliki 3 hal diantaranya,pertama aspek hukum, kedua aspek tertib administrasi, ketiga terkait kebijakan hal itu disampaikan Sariyo Sabani Kepala Bidang Sapras Disdik Depok disela kesibukannya saat sosialisasi tentang penataan dan pendataan asset diaula SMPN 10 Kamis (10/9).

“Penataan asset sekolah saat ini mendesak sebab dibutuhkan sebagai sumber pengambilan kebijakan bagi Pemkot.”ucap Sariyo.

Ia memaparkan aspek hukum terkait aturan tentang legalitas tanah yang dimiliki sekolah dan kewajiban pemeliharaan bangunan milik pemerintah sudah diatur didalam perundang – undangan. Selain itu juga menyangkut isi bangunan semisal meja,bangku dan peralatan lainnya.

“Asal usul tanah harus jelas beserta sertifikat tanah dan bangunan, begitupun pisik lainnya semisal peralatan kantor dan peralatan ruang belajar selain itu jumlah dan sumber anggarannya harus jelas,apakah dari dana BOS atau dana sumbangan sehingga dapat diketahui perkembangannya,”papar Kabid Sapras.

Lebih jauh Sariyo menjelaskan tertib administrasi tentang asset sekolah tidak cukup seperti profil sekolah melainkan dokumen – dokumen tentang jumlah asset disertai berapa jumlah asset dan jenis barang yang ada dan sumber anggarannya.

“Nanti dari penataan asset ada format pengisian sehingga akan terlihat neraca peningkatan asset serta penggunaannya, agar kebutuhan untuk kemajuan pendidikan dapat dilakukan kebijakan yang lebih prioritas,”jelasnya.

Ia juga menambahkan dengan adanya penataan asset disekolah maka Pemkot akan memiliki data yang valid untuk mengambil kebijakan yang lebih strategis sehingga mutu pendidikan yang menjadi tanggung pemerintah dapat terlaksana sebagaimana yang di amanahkan Negara,”tambahnya.

Sebelumnya Sapras Disdik telah melakukan sosialisasi asset pertamanya diSMPN 2 dan yang kedua diSMPN 10 yang diikuti 7 Kepala Sekolah SMPN dan Wakil Kepala Sekolah dan rencananya akan dilanjutkan kesekolah negeri lainnya.

Kedepannya ia berharap penataan asset ini akan ditindak lanjuti dalam proses pengambilan kebijakan sehingga potret pendidikan kota Depok dapat terlihat lebih baik lagi dengan dukungan berbagai sarana dan prasarana belajar,”harap Kabid Sapras Disdik.(Syahrul)

Leave a Reply

Your email address will not be published.