Home / Berita Pilihan / Ratusan Guru SD di Sukmajaya Ikuti Bimtek Kurtilas
klik disini

Ratusan Guru SD di Sukmajaya Ikuti Bimtek Kurtilas

Swara Pendidikan.co.id (SUKMAJAYA) – Ratusan guru kelas I dan IV tingkat SD di Sukmajaya  selama 3 hari (19-21 Juni 2017) mengikuti bimbingan teknis (bimtek) Kurikulum 2013 (Kurtilas), di SDN Mekarjaya 17.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penddidiakan SD kec. Sukmajaya, Abdul Mutolib  yang ditemui SP usai membuka acara ini mengatakan,  tujuan digelarnya  bimtek Kurikulum 2013 ini agar semua guru dapat memahami Kurtilas yang ditetapkan kementerian. Kemudian, diterapkan pada sekolahnya masing-masing.

”Jadi, inti dari bimtek ini, agar guru dapat memahami isi dari kurtilas. Sehingga, nantinya bisa diterapkan di sekolahnya masing-masing, sesuai ketentuan untuk kemudian dilakukan evaluasi pada kegiatan berikutnya,” terang Abdul  Mutolib. Senin (19/6/17).

Lebih lanjut, Kepala UPT Pendidikan SD kec. Sukmajaya yang biasa disapa Abu menjelaskan, bimtek Kurtilas ini diselenggarakan secara mandiri oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) yang diikuti sebanyak 112 peserta, terdiri dari guru kelas 1 sebanyak 50 orang,  dan guru kelas IV sebanyak 62 orang  dari 30 SD negeri dan swasta di wilayah Sukmajaya.

“Karena ini mandiri, maka semua biaya modul dan lain-lainnya berasal dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) APBD. Untuk instrukturnya,  kita juga tidak kekurangan, sebab kita sudah punya Instruktur Nasional (IN),  Ijah Sopiah, Instruktur Provinsi (IP),  Bahrudin, dan Istruktur Kab/kota (IKA)  yang seluruhnya sudah dilatih oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP),” jelasnya.

Abu menambahkan, pada prinsipnya, kegiatan ini menyelaraskan perubahan revisi kurikulum baru karena mulai tahun ajaran baru sudah menggunakan Kurtilas.

“Targetnya pada 2019 nanti seluruh sekolah di kecamatan Sukmajaya sudah menerapkan Kurtilas,” tutupnya. (gus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.