Home / Fokus / PPDB SMA SMK 2021 Jabar, Tidak Hanya Memilih Negeri Tetapi Juga Harus Memilih Sekolah Swasta

PPDB SMA SMK 2021 Jabar, Tidak Hanya Memilih Negeri Tetapi Juga Harus Memilih Sekolah Swasta

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi

Swara Pendidikan.co.id (BANDUNG) – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, dan SLB di Jawa Barat (Jabar) tahun 2021 akan segera dimulai.

Namun untuk PPDB 2021 ini, ada sedikit perbedaan dari PPDB tahun sebelumnya. Pertama, dari kepanitiaan. Tahun ini, ketua panitia PPDB SMA, SMK, dan SLB di Jabar adalah kepala cabang dinas pendidikan di seluruh wilayah I-XIII. Dan Sebagai koordinator PPDB 2021 adalah pimpinan yang berada di Radjiman (Kantor Disdik Jabar) yang memantau pelaksanaan PPDB jika terjadi kendala dilapangan, Disdik Jabar akan langsung cepat mengambil langkah solutif.

Kedua, di PPDB 2021 ini, Disdik Jabar akan menyertakan sekolah swasta dalam proses pendaftaran PPDB 2021. Nantinya, peserta didik yang mendaftar pada PPDB 2021 tak hanya memilih sekolah negeri, tapi juga harus memilih sekolah swasta.

Ketiga, penyertaan nilai rapor. Salah satu persyaratan PPDB 2021 adalah melampirkan nilai rapor siswa dari semester I hingga V.

Untuk kuota ABK, jika tahun lalu termasuk dalam jalur zonasi, tahun ini kuota tersebut masuk jalur afirmasi.

Sementara Persyaratan untuk jalur zonasi, afirmasi, perpindahan serta prestasi masih sama dengan tahun sebelumnya. Dilaksanakan dua tahap dan pendaftaran dioptimalkan secara daring.

Saat ini, persiapan PPDB 2021 masih dalam tahap penyusunan draf juknis 2021. Rencananya, baru akan disosialisasikan pada April 2021.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi di Kantor Disdik Jabar, Rabu kemarin. (Harlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x

Check Also

Draf Juknis PPDB 2021 Jawa Barat, Ini Gambarannya

Swara Pendidikan.co.id (DEPOK) – Pendaftaran PPDB tingkat SMA, SMK, SLB tahun ajaran 2021 sudah di ...