Home / Daerah / Pesantren Alam Pangrango : Sekolah Alam Berwawasan Global Berbasis Spiritual
klik disini

Pesantren Alam Pangrango : Sekolah Alam Berwawasan Global Berbasis Spiritual

Sekolah Alam di Pesantren Alam Pangrango, Bogor

Sekolah Alam di Pesantren Alam Pangrango, Bogor

swarapendidikan.co.id (BOGOR) – Di  era modern ini, pesantren merupakan salah satu sistim pendidikan yang solutif bagi orang tua untuk mendidik anak-anaknya memiliki bekal, baik kecerdasan spiritual, sosial, maupun life skill dalam menghadapi tantangan hidup dizamannya. Salah satunya adalah Pesantren Alam Pangarango. Sebuah sekolah Islam berasrama bernuansakan alam. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, kurikulum yang digunakan di Pesantren Alam Pangrango  merupakan perpaduan antara kurikulum nasional dengan kurikulum kepesantrenan (keislaman) berwawasan global, berbasis spiritual yang bertujuan untuk mewujudkan visi Pesantren Alam Pangrango  “Membangun sikap positif berdasarkan ajaran Islam, menumbuhkan jiwa kepemimpinan, dan mengasah logika berfikir ilmiah”.

Pesantren yang didirikan oleh Yayasan Nuurun Alaa Nur terletak dikaki gunung Pangrango, tepatnya di Kp. Bojong RT 012/ Rw. 004 Desa Bojong Murni, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat  pada 2013 lalu.

“Konsep pendidikan yang kami terapkan di sini mengacu pada tiga komponen kurikulum yaitu, Kurikulum akhlak, Kurikulum kepemimpinan, dan Kurikulum logika ilmiah,”  ujar AM Raj’an, S.Psi atau biasa dipanggil ustad Arga, Kepala sekolah alam Pesantren Alam Pangrango membuka pembicaraan dengan SP. Sabtu (24/12/16).

Ketiga komponen kurikulum ini, lanjut ustad Arga, akan lahir siswa yang memiliki Integritas akhlaq yang dicapai dengan menginspirasi Al-Asma Al-Husna yang diterapkan oleh fasilitator, orang tua dan seluruh komponen Pesantren Alam Pangrango sebagai teladan kepada siswa. Kedua, Integritas logika berfikir. Melalui model pembelajaran active learning. Siswa langsung belajar dari alam dan alam menjadi sumber inspiratif. Ketiga, Kepemimpinan dengan metode outbond dan team building.

Kepala sekolah alam Pesantren Alam Pangrango secara detail menjelaskan model pendidikan yang dikembangkan di Pesantren ini. Antara lain, Alam Based Education, Ulumuddin Based Education, Produktif  Farm & Garden, dan Supporting Pacilities.

“Alam Based Education merupakan model pendidikan yang memanfaatkan alam semesta sebagai media belajar. Ulumuddin Based Education, dasar pendidikan agama yang diajarkan kepada peserta didik  mencakup, Syahadah yakni pengenalan mengani komitmen terhadap Rabb semesta berdasarkan rukun Islam yang pertama yang bertujuan menemukan identitas diri pada anak usia remaja, Aqidah untuk membangun fundamental ajaran Islam dengan mempelajari Al Asma’ul Husna dalam kepribadian remaja, Qiyadah  mempelajari kepemimpinan dalam Islam berdasarkan kisah-kisah para Nabi dan Rasul yang diterjemahkan dalam konteks kekinian. Shirah dengan mengkaji fase-fase proses sejarah perjuangan Islam dalam periode Makkah dan Madinah, Syariah mengkaji hukum-hukum dan hikmah-hikmah Islam berlandaskan Al-Qur’an dan Sunnah Rasul. Sedangkan Produktif Farm & Garden merupakan Smart Business Plan dalam membangun perencanaan bisnis perkebunan, pertanian, ternak rumaninsia dan non rumaninsia disamping sebagai laboratorium pembelajaran, juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan sebagai media pengembangan perekonomian yayasan Pesantren Alam Pangrango. Integrated Farm & Garden merupakan penggabungan antara perkembangan teknologi dengan bisnis pertanian dan peternakan dengan membuat komunitas pertanian untuk membuat education program, market, workshop, resort, tours dan restoran,” papar ustad Arga.

Dia menambahkan, Pesantren Alam Pangrango juga menyediakan Resort dan Friendly for visiting dan tour guides untuk memfasilitasi orang tua atau wali murid yang ingin live-in dalam rangka wisata pendidikan dan program parenting.

“Core value dari seluruh pembelajaran di Pesantren Alam Pangrango ini tidak lepas dari prinsip dasar yang dikembangkan dimana Tauhid sebagai landasan pendidikan atau prinsip dasar untuk menjadi tujuan utama pendidikan,” tutup ustad Arga. (Nurjoy/jos)

fasilitas dan sarana bermain dan belajar di Pesantren Alam Pangrango

fasilitas dan sarana bermain dan belajar di Pesantren Alam Pangrango

http://www.smpganesa.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.