Home / Berita Pilihan / P3M PNJ Ajak Masyarakat Pahami Cara Berinvestasi Yang Baik, Benar dan Sesuai Syariah
klik disini
  • Ida Syafrida, Dosen Politeknik sedang memberikan penjelasan tentang pasar modal

P3M PNJ Ajak Masyarakat Pahami Cara Berinvestasi Yang Baik, Benar dan Sesuai Syariah

Swara Pendidikan.co.id (DEPOK) – Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Jakarta (P3M-PNJ) Jurusan akuntansi menggelar acara bertajuk “Peningkatan Pemahaman Masyarakat Untuk Berinvestasi yang Baik dan Benar dan Sesuai Syariah” di Mal DTC Depok diikuti kurang lebih 60 peserta dari perwakilan SMAN 5, MA Al-Hamidiyah, SMA Muhammadiyah Depok, SMK YKS, SMA Perjuangan, para pemilik usaha di Mall DTC, serta berbagai unsur masyarakat dari kelurahan Meruyung dan Pasir Putih. Sabtu (7/10/17).

Ketua panitia kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat jurusan Akuntansi PNJ Ali Masjono mengatakan, Politeknik Negeri Jakarta yang memiliki  6 jurusan, tahun ini mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakan di berbagai tempat. “Salah satunya di Mal DTC Depok. kegiatan ini juga  dilatarbelakangi kejadian yang menimpa Koperasi Pandawa yang menelan banyak korban,” kata Ali.

“Agar korban tidak semakin banyak, kami menilai bahwa kesadaran masyarakat akan cara berinvestasi yang baik, benar dan sesuai syariah masih harus ditingkatkan. Karena itu, P3M-PNJ memprakarsai kegiatan ini agar masyarakat mendapatkan pemahaman tentang cara berinvestasi yang baik dan benar serta sesuai Syariah,” sambung Ali Masjono.

Ali menambahkan, kegiatan yang didukung oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dan MNC sekuritas ini sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. Sebab ketiga lembaga tersebut terikat perjanjian tiga pihak dalam upaya meningkatkan kesadaran masayarakat untuk berinvesrasi yang baik dan benar,

Ali melanjutkan, saat ini PNJ telah memiliki Galery Investasi Poltek Jakarta yang berlokasi di Kampus PNJ Depok. “Mahasiswa, terutama mahasiswa program studi Manajemen Keuangan wajib untuk menjadi investor pemula,” tandasnya.

Peserta juga mendapat Hadiah bagi yang aktif RP 100.000 dari MNC Sekuritas sebagai modal awal investasi

Kegiatan yang mendapat sambutan luar biasa dari para peserta ini diakui Ali lantaran tidak adanya sosialisasi tentang cara berinvestasi yang baik dan benar serta sesuai syariah. dan masyarakat pada umumnya sering  termakan bujuk rayuan untuk berinvestasi dengan iming-iming pendapatan besar.

Dari kegiatan tersebut terungkap bahwa ada kegiatan masyarakat yang illegal, pengumpulan dana dari masyarakat yang tidak sah, “hal ini jelas melanggar aturan,” ungkap salah satu pembicara dari Ototitas Jasa Keuangan (OJK).

Sementara pembicara dari BEI memberikan informasi tentang cara berinvestasi di BEI dan penjelasan mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku di BEI. Sedangkan, pembicara dari MNC sekuritas menjelaskan penggunaan aplikasi perdagangan saham berbasis syariah yang dapat digunakan untuk bertransaksi di BEI.

Pihak BEI juga menantang kepada masyarakat yang ingin mendapatkan informasi yang baik dan benar untuk menghubungi BEI atau Galery Investasi PNJ untuk diadakan acara seperti ini dan masyarakat tidak dibebankan biaya apapun. “Seluruh biaya ditanggung oleh BEI,” tutup  Ali Masjono.

Pengirim   : Ali Masjono

Editor        : Suge Margenda

Leave a Reply

Your email address will not be published.