Home / Berita Pilihan / Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar Swasta Kota Depok Terbentuk
klik disini

Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar Swasta Kota Depok Terbentuk


Swara Pendidikan.co.id (DEPOK) – “Bersama memajukan kota Depok” menjadi tema utama musyawarah pembentukan pengurus Kelompok Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar Swasta Kota Depok yang diselenggarakan di Sekber Pendidikan, Gedung PGRI, Jl Boulevar GDC Depok. Rabu (7/02/18) kemarin.

Pembentuka kepengurusan K3S SD Swasta yang baru pertama kali digelar ini diikuti ratusan Kepsek SD Swasta dari sebelas Kecamatan dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Depok Tinte Rosmiati, Ketua PGRI Kota Depok Syamsudin Azhari, Ketua Dewan Pendidikan Kota Depok Hafidz Nasir, Ketua BMPS Kota Depok Acep Al-Azhari, serta ketua K3S SDN kota Depok, Dady Mulyadi.

Dalam sambutannya  Ketua BMPS Acep Al-Azhari, yang juga inisiator terselenggaranya kegiatan ini berharap K3SD Swasta ini akan menjadi pengikat sinergitas bersama  serta menguatkan “program besar” yang digagas oleh stakeholder pendidikan yaitu “Bersama Memajukan Pendidikan Kota Depok” yang juga menjadi tema musyawarah tersebut.

Sementara itu, Ketua PGRI kota Depok, Syamsudin dalam sambutannya mengajak para guru swasta untuk bersama-sama berjuang dan mengembangkan profesinya dalam wadah PGRI.

Syamsudin juga menegaskan, bahwa PGRI yang lahir 100 hari setelah proklamasi kemerdekaan, senantiasa konsisten memperjuangkan hak-hak guru dan mengimbanginya dengan meningkatkan profesionalitas profesi anggotanya.


Tempat yang sama, Ketua Dewan Pendidikan kota Depok, Hafid Nasir mengatakan ada empat hal yang menjadi fokus utama Dewan Pendidikan, yaitu sebagai pihak yang dapat memberikan referensi terhadap kebijakan yang akan diambil oleh Pemkot Depok dalam hal pendidikan. Berperan dalam melakukan kontrol terhadap pendidikan yang bejalan di Depok baik pendidikan formal maupun non formal. Sebagai supporting, dalam memberikan support baik ide maupun ternaga untuk kemajuan bidang pendidikan di Depok. Dan terakhir berperan maksimal sebagai mediator, “Baik untuk Pemkot, DPRD, maupun stakeholder lain seperti PGRI, maupun BMPS,” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan kota Depok yang diwakili Sekretaris Disdik, Tinte Rusmiati memberikan apresiasi atas terselenggarakan Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar Swasta se-Kota Depok. Tinte mengharapkan MKKS SD Swasta ini dapat memberikan kontribusi yang positif bagi peningkatan pendidikan di kota Depok ke depan. Dia juga meminta agar para Kepsek baik Negeri maupun Swasta menjaga solidaritas dan soliditas dimanapun mengabdi dan bertugas.


Musyawarah pembentukan pengurus K3S SD Swasta ini juga terbilang unik, pasalnya dalam pelaksanaan tersebut tidak adanya voting atau pemilihan yang lazim dilakukan dalam menentukan kepengurusan sebuah organisasi. Yudi “Guru Depok” Herawan yang bertindak selaku pemimpin sidang mengarahkan sepenuhnya kegiatan ini dengan mekanisme “Musyawarah untuk Mufakat”.

Dikatakan Yudi, dengan cara seperti ini, tidak melahirkan barisan sakit hati, “Sebab tidak ada kompetisi atau adu jago (kontestasi) yang melahirkan kelompok menang-kalah,” tandasnya.

Hasil musyawarah dan mufakat itu akhirnya menetapkan Asep Koswara dari SD Rahmany sebagai Ketua K3SD Swasta Kota Depok, yang nantinya akan segera bekerja untuk menyusun program paling lambat 30 hari setelah musyawarah ini disyahkan. (gus/yud)


 

Leave a Reply

Your email address will not be published.