Home / Berita Pilihan / Kadisdik Jawa Barat Buka Lomba OSN Tingkat Kota Bekasi

Kadisdik Jawa Barat Buka Lomba OSN Tingkat Kota Bekasi


Swara Pendidikan.co.id (KOTA BEKASI) – Pelaksanaan  OSN (Olimpiade Sains Nasional) tingkat Kota Bekasi yang diikuti 1.412 siswa dari 78 sekolah SMA Negeri dan swasta pada Rabu (28/02/18) kemarin di SMA Negeri 1 Kota Bekasi  dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Ahmad Hadadi.

Ketua MKKS Kota Bekasi, Ardin kepada swara Pendidikan mengatakan, pada seleksi kali ini, ada sembilan mata pelajaran yang dilombakan, yakni biologi, kimia, geografi, komputer, ekonomi, astronomi, kebumian, fisika, dan matematika. Hasil seleksi ini akan langsung diperiksa begitu tes selesai.

“Nantinya, lima siswa dengan capaian peringkat lima terbaik dari masing-masing mata pelajaran akan menjadi delegasi Kota Bekasi untuk mengikuti seleksi tingkat Jabar,” kata Ardin.

Sebelumnya dalam sambutan pembukaan, Kepala Dinas Pendidikan provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi menjelaskan, bahwa seluruh kota/kabupaten di Indonesia secara serentak menggelar seleksi hari ini.

“Siswa-siswa terbaik akan menjadi wakil tingkat kota/kabupaten untuk seleksi tingkat provinsi. Selanjutnya siswa terbaik saat seleksi tingkat provinsi akan mewakili Jabar di skala nasional,” ujar Ahmad Hadadi dalam sambutan pembukaan.

Ditempat sama, Kepala Cabang Dinas ( KCD) Pendidikan  Jawa Barat Wilayah 3 kota Bekasi dan kab. bekasi,   Herry Pansila menambahkan, prestasi Jabar pada gelaran Olimpiade Sains Nasional sudah cukup baik.

“Misalnya tahun lalu pada OSN di Pekanbaru, Riau, provinsi Jawa Barat berhasil meraih juara ke 3 se Indonesia. Mudah-mudahan tahun ini akan lebih baik lagi,” harapnya.

Kepala KCD wilayah 3 itu melanjutkan. “Selain memberikan pelajaran disekolah, peran yang yang tak kalah penting adalah memotivasi orang tua untuk mendukung anaknya.

“Tanpa motivasi, bisa jadi siswa yang tadinya sudah bersemangat berjuang untuk menjadi yang terbaik saat seleksi, tidak menampilkan performa terbaiknya,” ujar Herry didampingi Kasie Pengawasan Mawar.

Karena itu dirinya berpesan kepada pihak sekolah agar terus memberikan pembinaan dan motivasi kepada para peserta yang nanti akan mewakili OSN provinsi Jawa Barat. Sehingga diharapkan meraih hasil yang maksimal.

“Sebab keberhasilan ini tentunya tidak lepas dari dari pembinaan dan motivasi yang diberikan guru di sekolah,” pungkasnya.

Hadir pada pembukaan OSN, seluruh Kepsek SMA Negeri dan Swasta se Kota Bekasi. (harlis)


Leave a Reply

Your email address will not be published.