Home / Berita Pilihan / Jan Tikoalu : TAKARAN Dorong Tingkatkan Kualitas SMK Swasta di Indonesia
klik disini

Jan Tikoalu : TAKARAN Dorong Tingkatkan Kualitas SMK Swasta di Indonesia


Drs. Jan Tkolao, SE, MSi

Drs. Jan Tikoalu, SE, MSi

Swara Pendidikan.co.id (DEPOK) – Sebanyak  15 perwakilan Kepala SMK Swasta asal kota Manado terlihat antusias mengikuti acara Konsultasi dan Lokakarya Nasional (Takaran) SMK Swasta 2018 di Hotel Bumi Wiyata, kota Depok selama dua hari (7-8 Maret 2018).

Delegasi SMK Swasta kota Manado yang dipimpin ketuanya Drs. Jan Tikoalu, SE, MSi menilai kegiatan yang diselenggarakan oleh BMPS Pusat ini mendorong  tingkatkan kualitas  SMK Swasta di Indonesia. Sebab menurut dia,  ada pertukaran ide, gagasan dan semangat untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu SMK di Indonesia.

“Apalagi ini berkaitan dengan  tindak lanjut Instruksi Presiden (Inpres) No. 9 tahun 2016 mengenai revitalisasi SMK melalui peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia,” ujar  Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMK Swasta kota Manado

Melalui Takaran SMK Swasta 2018 ini, dirinya berharap ada perubahan ke arah yang lebih baik lagi bagi  SMK swasta yang ada di Indonesia, dibanding  tahun-tahun sebelumnya,  sehingga  sekolah kejuruan (SMK) bisa berkiprah lebih luas lagi. Kata J.Tikoalu.

Dia juga berharap, pemerintah bisa lebih memperhatikan  keberadaan sekolah-sekolah swasta di Indonesia dengan mendorong dunia usaha/industri untuk membangun kerjasama dengan perguruan swasta dalam memajukan sekolah kejuruan diberbagai daerah. “Sehingga bisa melahirkan siswa-siswa berprestasi dan bisa mendapatkan lapangan pekerjaan yang  lebih luas, baik di dalam negeri maupun di luar negeri,” tandasnya.

Terkait dengan perkembangan pendidikan di Sulawesi Utara, Ketua MKKS SMK Swasta kota Manado yang juga Kepala SMK Al Khaeraat itu mengakui perhatian pemerintah provinsi Sulawesi Utara untuk bidang pendidikan sudah cukup baik. Sebab katanya, Pemprov Sulut punya komitmen dengan visi yang ada di Sulut ataupun Manado dengan motto “SMK Bisa dan Sulut Hebat”.   Sehingga mendorong  stakeholder  untuk membantu sekolah-sekolah kejuruan bisa bekerjasama  dengan dunia industri yang ada di Sulut.  “Inilah salah satu perhatian dan komitmen Pemprov  Sulut agar pendidikan di Sulawesi Utara maju,” ujar J.Tikoalu  bersyukur.

Bagi  J.Tikoalu kegiatan ini merupakan yang pertama kali diikuti. “Selain bisa bertukar pengalaman dengan kepala SMK Swasta dari berbagai daerah di Indonesia, kegiatan ini juga membantu kami meningkatkan kualitas pendidikan sekolah kejuruan yang ada di Sulut,” pungkas  J.Tikoalu. (gus)


Leave a Reply

Your email address will not be published.