Home / Berita Terkini / Inilah MTs DiDepok Qurban Terbanyak Mencapai 18 Ekor

Inilah MTs DiDepok Qurban Terbanyak Mencapai 18 Ekor

Swarapendidikan.co.id-(Depok)

Pelaksanaan Qurban yang dilaksanakan MTs Al-Husna ditahun 1440 Hijrah mencapai 14 ekor sapi dan 4 ekor kambing yang semuanya berasal dari siswa, orang tua siswa, para guru dan alumni MTs Al-Husna berlangsung dilapangan madrasah pada Minggu (11 /8/2019).

Sebelumnya ditahun lalu mencapai 12 ekor sapi, dan tahun kali ini meningkat  2 ekor sapi dan 4 ekor kambing, rencananya akan disalurkan 2100 bungkus kelingkungan warga sekolah dan sekitar.

Menurut Kepala MTs Al-Husna Eddy Suhaedi hasil pengumpulan hewan qurban merupakan pemaknaan dari kisah keteladanan nabiyullah Ibrahim dan nabi Ismail as, yang melaksanakan dengan teguh ketaatan perintah Allah.

“Kisah qurban secara filosofinya merupakan sikap keberanian Ismail yang siap melaksanakan perintah Allah begitupun Ibrahim dengan tegar menjalankan eksekusi perintah Allah. Dan hasilnya digantikan dengan seekor hewan yang berupa kambing, selanjutnya menjadi tradisi qurban bagi umat islam,”tutur Eddy.

Dikatakan Eddy, filosofi keberanian untuk berqurban tiap tahun bukan menunggu mampu punya uang namun sikap serius untuk bisa berqurban.

“Alhamdulillah keberanian untuk bisa berqurban dikalangan guru dan siswa dapat terwujud,Insya Allah ditahun yang akan datang dapat lebih meningkat lagi,”kata Kepala MTs Al-Husna.

Sementara itu pelaksanaan potong qurban dilaksanakan 2 hari, untuk hari Minggu memotong 4 ekor kambing dan 5 ekor sapi dan dihari kedua Senin dilanjutkan memotong 9 ekor sapi.

Ia juga berharap semangat berqurban yang memiliki nilai ketaatan kepada Allah dapat dipahami oleh siswa/i nya untuk tetap patuh kepada orangtua dan kepada guru sebagai salah satu ajaran agama yang patut dilaksanakan sehingga mendapatkan barokah dan ridho dari Allah,”harap Eddy. (rul)

Leave a Reply

Your email address will not be published.