Home / Balaikota / Horee … Dana Optimalisasi Kinerja Pengurus Lingkungan Naik
klik disini

Horee … Dana Optimalisasi Kinerja Pengurus Lingkungan Naik

walikota depok

walikota depok

Swara Pendidikan.co.id (Cinere, Depok) – Bantuan   Dana Optimalisasi Kinerja (DOK) bagi pengurus lingkungan dari tingkat RT (Rukun Tetangga) , Rukun Warga (RW) dan LPM Kelurahan Tahun 2016 kembali dicairkan dan mengalami kenaikan. Hal tersebut disampaikan Plt. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK), Widyati Riyandani, pada saat pembagian Dana Optimalisasi Kinerja di Kantor Kecamatan Cinere, Kamis sore (9/6/2016).

Sebelumnya tahun lalu dana yang diberikan yakni untuk Ketua RT Rp. 1 juta 200 ribu saat ini menjadi Rp. 1 juta 440 ribu. Ketua RW yang sebelumnya mendapat RP. 1 juta 500 ribu, naik menjadi Rp. 1 juta 800 ribu. Sementara untuk Ketua LPM sebesar Rp. 2 juta , saat ini mendapat Rp. 2 juta 400 ribu.

Secara  teknis pemberian Dana Optimalisasi Kinerja tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, yakni dibagi menjadi dua tahapan, yaitu pada bulan Juni dan Desember  mendatang.Tahun 2015 lalu langsung dibagikan dalam satu tahap.

 “Untuk pembagian dananya, tidak sekaligus diberikan bulan ini, tapi dibagi menjadi dua tahap, yakni bulan Juni dan mudah-mudahan awal Desember nanti sudah bisa dibagikan,”  terang Widyati.

Tahun ini, total dana optimalisasi kinerja pengurus lingkungan (RT, RW, dan LPM) sebesar  Rp. 9 milyar, 247 juta 500 ribu. Dengan rincian, Rp.  7 milyar 466 juta 400 ribu (5185 RT), Rp 1 milyar 629 juta  (905 RW), Rp. 151 juta 200 ribu (63 LPM). Meningkat  dibanding tahun lalu sebesar Rp. 7 milyar 705 juta 500 ribu.

Ia menambahkan, dana yang dibagikan tersebut terkena pajak sebesar 5%. Sesuai ketentuan yang ada,”setiap dana yang diberikan secara bertahap akan dikenakan pajak 5%,dan itu menjadi kewajiban setiap warga Negara,” imbuh Widya yang menjabat Assisten Administrasi Pemkot Depok.

Sementara itu, dana optimalisasi yang akan disalurkan sebanyak  5185 RT, 905 RW dan 63 LPM Se-Kota Depok pada Tahun 2016. Pertama kali dibagikan diKecamatan Sawangan pada Rabu (8/6/2016).

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Depok, Mohammad Idris memberikan apresiasi kepada seluruh Ketua RT, RW dan LPM Kelurahan se-kota Depok yang turut membantu mewujudkan Kota Depok yang Unggul, Nyaman dan Relijius. “Saya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya demi terwujudnya pelayanan prima bagi seluruh warga dilingkungan masing – masing,” ujar Idris.

Selain itu, Walikota juga mengingatkan agar RT, RW dan LPM dapat memahami fungsinya masing-masing sebagai mitra pemerintah. Seperti keberadaan LPM yang berperan membantu kelurahan, bukan untuk mengawasi Kelurahan.

Idris berpesan agar masyarakat Depok bersatu dan bergandengan tangan dan bahu membahu dalam mewujudkan Depok yang Unggul, Nyaman dan Relijius,” demikian pesannya.( Diskominfo/Harlis)

Leave a Reply

Your email address will not be published.