Herry Pansila Tebus Ijazah Siswa Yang Ditahan Sekolah

Herry Pansila bersama ortusi Muhammad Rizki diloket pembayaran SMK Al Muhajirin Bekasi Timur 2

Swara Pendidikan.co.id (BEKASI) – Muhammad Rizki siswa kelas 12 SMK Al Muhajirin, Bekasi Timur 2 kini bisa bernapas lega, lantaran tidak mampu melunasi tunggakan sekolah sebesar Rp 6, 315.000,- pihak sekolah menahan ijazah miliknya. Akibatnya Muhammad Rizki tidak bisa melamar pekerjaan di salah satu perusahaan yang mensyaratkan harus menunjukan ijazah asli.

Kini Muhammad Rizki siswa SMK Al Muhajirin lulusan tahun 2018/2019 bisa mendapatkan ijazahnya setelah Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah 3 Jawa Barat, Herry Pansila melunasi seluruh tunggakan siswa kelas 12 tersebut dari kantong pribadinya.

Menurut keterangan Herry Pansila, awalnya dia mendengar adanya keluhan orang tua yang ijazah anaknya ditahan disalah satu sekolah swasta. Kemudian dia meminta siswa dan orang tuanya untuk datang ke kantor KCD menceritakan sebab tertahannya ijazah tersebut.

Setelah itu Herry Pansila mengajak Muhammad Rizki dan orang tuanya mendatangi sekolah untuk melunasi seluruh tunggakan sebesar Rp 6. 315.000,-

Orang tua Muhammad Rizki mengaku bersyukur dan mengucap terimakasih kepada Kepala KCD yang begitu peduli dengan nasib masa depan anaknya.

Ibu ini mengaku memang memiliki tunggakan ke sekolah anaknya, tapi karena himpitan ekonomi ia tidak mampu melunasinya. Bahkan agar ijazah anaknya cepat keluar, dia pernah memohon pihak sekolah SMK Al Muhajirin untuk meminjam ijazah anaknya. Alasannya agar anaknya bisa mencari pekerjaan, sehingga bisa nyicil tunggakan sekolahnya.

“Alhamdulillah ternyata masih ada orang yang peduli dengan kami. kami juga tidak menyangka jika yang melunasinya Kepala KCD. Saya sendiri tidak tahu apa itu KCD,” ucapnya. Jumat (21/6/19).

Sementara itu, usai menebus ijazah siswa SMK Al Muhajirin Bekasi Timur 2 atas nama Muhammad Rizki, Kepala KCD 3 Herry Pansila mengatakan sangat memahami jika sekolah swasta masih mengandalkan biaya operasional kepada orangtua murid. Namun, dia juga mengimbau kepada sekolah swasta untuk bijak dan tidak terlalu kaku karena ijazah sangat dibutuhkan siswa. Katanya. (Harlis)

Kepala KCD 3 berdialog dengan pihak sekolah terkait tunggakan siswa

Leave a Reply

Your email address will not be published.