Home / Fokus / Gubernur Jawa Barat Hadiri Milenial Camp 2019

Gubernur Jawa Barat Hadiri Milenial Camp 2019

Gubernur Jawa Barat Hadiri Milenial Camp 2019

Gubernur Jawa Barat Hadiri Milenial Camp 2019

Swarapendidikan.co.id (Cianjur, Jabar) – Gubernur  Jawa Barat, Ridwan Kamil, di dampingi Kadisdik Jabar, Dewi Sartika menghadiri Milenial Camp 2019 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Jawa Barat bekerjasama dengan Komunitas Jabar Bergerak di Bumi Perkemahan Cibodas, Kabupaten Cianjur. Selasa (19/11/19).

Kegiatan yang di ikuti 1.317 siswa-siswi SMA, SMK, SLB dan MA se-Jawa Barat ini rencananya digelar tiga hari, mulai 18-20 November 2019 yang diisi dengan berbagai acara, di antaranya Motivational Speech oleh Gubernur Jawa Barat, Stadium General “Antiradikalisme”, Workshop “Kontranarasi Radikalisme”, Inaugurasi “Harmoni Damai”, Talk Show “Milenial Juara Antiradikalisme”, dan Deklarasi “Pelajar Damai Pelajar Juara”.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Barat yang akrab disapa Kang Emil menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk memberikan kesadaran kepada pelajar tentang bahaya radikalisme, terorisme, dan penyebaran hoax.

“Ini merupakan bagian dari pendidikan pacasila karena ribuan pelajar dalam milenial camp ini mempelajari kepancasilaan dan kerukunan. Jadi diharapkan para pelajar ini menjadi agen untuk mendeteksi radikalisme di lingkungannya,” terang Kang Emil kepada awak media.

Dia menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan investasi mahal dan jangka panjang. Sebab menurutnya, di 2045 nanti Indonesia akan menjadi negara adi daya, “Jadi pelajar ini tidak boleh terpapar hal negative,” tandasnya.

Di tempat sama, Kadisdik Jabar, Dewi Sartika mengatakan, kegiatan Milenial Camp 2019 ini sebagai upaya meminimalisasi fenomena kekerasan dan penyebaran hoax di kalangan pelajar Jabar.

“Ini dilaksanakan dalam rangka kontranarasi di dunia maya dan menyiapkan pelajar sebagai promotor perdamaian. Sesuai dengan tema yang diangkat, Pelajar Damai, Pelajar Juara,” katanya.

“Kita akan kemas kegiatan ini se inovatif dan kolaboratif dengan mendatangkan narasumber yang kompeten di bidangnya. Diantaranya Gubernur Jawa Barat, Kepala BNPT RI (Suhardi Alius), Pangdam Siliwangi (Nugroho Budi Wiryanti), Kapolda Jabar (Rudy Sufahriadi), Ketua Umum Jabar Bergerak (Atalia Praratya Kamil), dan Pendiri Peace Generation (Irfan Amalee),” papar Kadisdik Jawa Barat, Dewi Sartika. (AIS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.