Home / Fokus / SMAN 2 Klaten dan SMAN 2 Semarang Menangkan Film Pendek Terpilih Gelar Karya Film Pelajar 2019

SMAN 2 Klaten dan SMAN 2 Semarang Menangkan Film Pendek Terpilih Gelar Karya Film Pelajar 2019

Para pemenang GKFP 2019-swarapendidikan.co.id

Para pemenang GKFP 2019

Swarapendidikan.co.id (JAKARTA)Pesona Keindahan Garis-Garis Yang Terpadu Dalam Kain (M. Achfa Mahfudz, 2019), film pendek dokumenter SMAN 2 Klaten, Jawa Tengah, dan Kritis (Faris Amar, 2019), film pendek fiksi karya pelajar SMAN 2 Semarang, Jawa Tengah, berhasil menjadi Film Pendek Terpilih pada Malam Puncak Gelar Karya Film Pelajar (GKFP) 2019.

Pesona Keindahan Garis-Garis Yang Terpadu Dalam Kain ini menceritakan tentang sejarah Tenun Lurik di Kabupaten Klaten yang menjadi simbol khas masyarakat Klaten.

Sedangkan Kritis menceritakan tentang konflik antara Edgar dan Alif, dua remaja dengan latar belakang yang berbeda.

Selain itu, Maneka (Rahmatullah Mahfudz, 2019) film pendek fiksi SMAN 2 Kota Tangerang Selatan, Banten menjadi film pilihan Dewan Juri GKFP 2019.

GKFP merupakan ajang kompetisi kreativitas tahunan dan pencarian bakat baru di industri film yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm). Yang tahun ini mengangkat tema “Semangat Kebhinekaan Generasi Milenial”.

Ajang ini diikuti oleh sineas muda tingkat SMA/SMK/sederajat yang mewakili sekolahnya masing-masing dengan mengirimkan karya film pendek mereka.

Setiap sekolah hanya diperbolehkan mengirimkan satu karya berdurasi maksimal 10 menit, baik film pendek fiksi ataupun film pendek documenter. Kata Direktur GKFP.

Sejak diluncurkan pada 25 Juli 2019 lalu, terkumpul sebanyak 217 film pendek. Terdiri dari 178 film pendek fiksi dan 39 film pendek dokumenter.

Film-film yang masuk tersebut diseleksi secara administratif oleh Tim Pusbang Film. Selanjutnya dinilai oleh Tim Ahli dan Dewan Juri.

BACA JUGA : Abimanyu Damarjati, Siswa SMAN 6 Kota Bogor, Raih Penghargaan Penyutradaraan Film Pendek Fiksi Terpilih GKFP 2019

Tim Ahli adalah praktisi film yang menilai dan memilih 30 film pendek fiksi dan 30 film pendek dokumenter dari seluruh karya yang lolos secara administratif.

Tim Ahli terdiri atas Pritagita Arianegara, Gita Fara, Titien Watimena, Gritte Agatha, dan Wicaksono Wisnu Legowo.

Sedangkan Dewan Juri. Sheila Timothy dan Yudi Datau menilai dan memilih 15 film pendek fiksi dan 15 film pendek dokumenter yang diundang ke Jakarta untuk mengikuti workshop bersama Titien Wattimena (Penulis Skenario), Hanung Bramantyo (Sutradara), dan Fauzan Zidni (Produser).

“Sayangnya, beberapa film yang telah terpilih masuk ke dalam daftar pendek film terbaik GKFP tahun ini harus kami diskualifikasi karena tidak memenuhi persyaratan yang telah tentukan,” ujar Direktur GKFP, Reza Rahardian kepada awak media.

Film-film tersebut adalah Tepa Selira, Sarinah, dan Laskar Vertikal Rescue yang telah diikutkan dalam lomba atau festival di tempat lain.

Berikut adalah daftar lengkap pemenang GKFP 2019:

Penulisan Skenario Film Pendek Fiksi Terpilih

Azka Guzamir (Film BIDAK, SMK Multimedia Sumbangsih, Jakarta)

Penulisan Skenario Film Pendek Dokumenter Terpilih

Annisa Priyanti (Film TARIKAN NAFAS DANGKAL, SMKN 1 Pacitan, Jawa Timur)

Penyutradaraan Film Pendek Fiksi Terpilih

Abimanyu Damarjati (Film NEKA, SMAN 6 Bogor, Jawa Barat)

Penyutradaraan Film Pendek Dokumenter Terpilih

Suhadi Adit Prastowo (Film PE(CINA)N, SMK Umar Fatah Rembang, Jawa Tengah)

Film Pendek Fiksi Terpilih

KRITIS (SMAN 2 Semarang, Jawa Tengah)

Film Pendek Dokumenter Terpilih

PESONA KEINDAHAN GARIS-GARIS YANG TERPADU DALAM KAIN (SMAN 2 Klaten, Jawa Tengah)

Film Pilihan Dewan Juri

MANEKA (SMAN 2 Kota Tangerang Selatan, Banten)

Malam Puncak Gelar Karya Film Pelajar 2019 di XXI Epicentrum pada 28 Oktober 2019, juga disiarkan langsung oleh TVRI pukul 19:00 WIB. Dimeriahkan oleh penampilan Jaz, Choir Bina Vokalia Pranadjaja, dan tari Saman oleh Mystylez. (gus/keke)

Malam Puncak Gelar Karya Film Pelajar (GKFP) 2019-swarapendidikan.co.id

Malam Puncak Gelar Karya Film Pelajar (GKFP) 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published.