Home / Berita Terkini / Gandeng Stakeholder KCD Wilayah 3 Sosialisasikan PPDB 2019

Gandeng Stakeholder KCD Wilayah 3 Sosialisasikan PPDB 2019

Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jawa Barat Wilayah 3 gandeng stakeholder saat menggelar Sosialisasi PPDB 2019 di aula SMKN 2 Cikarang Barat, Sabtu (15/6/19).

Swara Pendidikan.co.id (BEKASI) – Guna mendukung lancarnya pelaksanaan saat pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019, Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jawa Barat Wilayah 3 menggandeng Ombudsman, Kejaksaan tinggi negeri (Kejari), Kepolisian, serta Inspektorat saat menggelar Sosialisasi PPDB 2019 di aula SMKN 2 Cikarang Barat, Sabtu (15/6/19).

Dikatakan Kepala KCD wilayah 3, Herry Pansila alasan dilibatkannya stakeholder ini adalah untuk menjamin pelaksanaan pendaftaran PPDB 2019 ini berjalan aman, tertib, dan lancar. Serta meminimalisir praktik kecurangan juga pelanggaran yang kerap terjadi pada setiap penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru.

Herry juga menilai, salah satu yang membuat pelaksanaan PPDB terkesan karut-marut, dikarenakan seringkali para orang tua siswa memaksakan anaknya agar diterima di sekolah-sekolah favorit.

Lebih jauh dikatakan Kepala KCD wilayah 3 sosialisasi ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan daya saing yang merata. “Sesuai dengan acuan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 16 Tahun 2019 tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru SMA, SMK, dan SLB. serta merujuk pada Permendikbud No. 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SMK serta Surat Edaran Bersama Menteri Pendidikan & Kebudayaan dengan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2019 dan Nomor 420/2973/Sj tentang Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru,” papar Herry.

Herry berharap, pelaksanaan PPDB di KCD Wilayah 3 bisa memenuhi prinsip keadilan bagi masyarakat. “Jangan sampai ada calon siswa yang ditolak mendaftar, apakah diterima atau tidaknya di sekolah tersebut tergantung hasil seleksi,” lanjutnya.

Itu sebabnya, sambung Herry. Sosialisasi sebelum pendaftaran sangat penting. Tidak hanya kepada masyarakat, akan tetapi unsur lain yang terlibat dalam PPDB. “Harapannya dengan sosialisasi yang dihadiri MKKS, Komite dan Kepsek SMA se wilayah 3, pelaksanaan PPDB berjalan tertib, kondusif, dan lancar,” tuturnya. (Harlis)


Leave a Reply

Your email address will not be published.