Home / Swara Daerah / Depok / FKSS Kota Depok Gelar Webinar Pendidikan

FKSS Kota Depok Gelar Webinar Pendidikan

Webinar Pendidikan

Swara Pendidikan.co.id (DEPOK) – Forum Kepala Sekolah Swasta (FKSS) Kota Depok menyelenggarakan webinar pendidikan bertema “Memulihkan sekolah Memulihkan manusia”.

Webinar via zoom yang digelar pada Selasa, (26/01/21) diikuti 363 peserta dari berbagai institusi pendidikan dan pemerhati pendidikan. Dibuka oleh Kasi Pengawasan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 2 Provinsi Jawa Barat, I Made Supriyatna, MSi, mewaliki Kepala Cabang Dinas wilayah 2, Drs. Aang Karyana, MPd yang berhalangan hadir.

Melalui I Made Supriyatna, Kepala Cadisdik 2 menyampaikan dukungan dan apresiasinya atas terselenggaranya webinar tersebut.

Sementara itu Ketua FKSS kota Depok, Santoso, SE, MP.d dalam sambutannya mengatakan, FKSS sebagai organisasi resmi yang berbadan hukum merupakan wadah forum Komunikasi Kepala Sekolah SMA Swasta ditingkat kota/kabupaten yang didirikan di Bandung pada 2017 lalu.

Santoso menambahkan, tujuan didirikannya FKSS sebagai wadah kepsek SMA swasta untuk berkomunikasi dan bersinergi dalam memajukan pendidikan di provinsi Jawa Barat.

“Keberadaan FKSS bukan sebagai tandingan MKKS. FKSS dibentuk sebagai mitra MKKS yang mengkordinasikan seluruh kegiatan SMA swasta diwilayah provinsi Jawa Barat,” jelasnya.

“Harapannya dari webinar ini kita mendapatkan pencerahan dari salah satu tokoh pendidikan nasional yang telah banyak memberikan sumbangsihnya terhadap dunia pendidikan di Indonesia,” imbuhnya.

DR. Ir. Haidar Bagir, MA narasumber sekaligus penulis buku Memulihkan sekolah Memulihkan manusia

Sementara itu, DR. Ir. Haidar Bagir, MA yang tampil sebagai narasumber sekaligus penulis buku Memulihkan sekolah Memulihkan manusia menyampaikan pandangannya terkait bagaimana sekolah di Indonesia dan bagaimana sumber daya manusia Indonesia seharusnya disiapkan.

Selain itu, dia juga menjelaskan falsafah pendidikan, termasuk falsafah pendidikan Islam. Serta konsep dan metode pendidikan.

Menurut  Haidar Bagir, seluruh pandangan terkait bagaimana Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia, secara gamblang tertuang dalam buku tersebut.

Acara yang berlangsung dari pukul 13.00 – 15.00 wib ini mendapat sambutan positif dari para peserta webinar. Bahkan banyak pertanyaan yang diajukan oleh para peserta webinar tidak sempat terjawab karena keterbatasan waktu.

“Insya Alloh nanti kita akan agendakan webinar zoom kembali,” ujar Sekretaris FKSS Kota Depok, Dyah Yuliastuti, SP,  M.Pd.

Dyah Yuliastuti berharap, Webinar pendidikan ini memberi pencerahan inspirasi paradigma tujuan pendidikan yang tidak melulu tentang mendidik anak agar pintar, cerdas dan sukses melainkan perlu mencapai kebahagiaan.

Diakhir acara, FKSS Kota Depok juga memberikan doorprize buku karya DR. Ir. Haidar Bagir, MA kepada 17 peserta.

Terpisah, pemerhati pendidikan yang menjadi peserta pada webinar pendidikan itu mengaku kurang sependapat dengan narasumber. Menurutnya judul buku yang di bedah oleh penulisnya itu tidak relevan dengan profesi peserta webinar.

“Profesi peserta mayoritas praktisi pendidikan yang sama sekali tidak punya kewenangan untuk membuat dan merumuskan kebijakan pembelajaran apalagi kurikulum. Sementara isi buku adalah gagasan untuk merubah paradigma berfikir tentang tujuan pendidikan dan falsafah pendidikan,” ungkap Rasikin kepada Swara Pendidikan melalui pesan WhatsApp.

“Padahal kita tahu bahwa kepala sekolah dan guru adalah para praktisi yang sangat terikat dengan kebijakan pendidikan yang diberlakukan oleh pemerintah. Ruang-ruang inovasi para kepsek dan guru sangatlah terbatas,” lanjut Rasikin menanggapi webinar bertemakan “Memulihkan sekolah Memulihkan manusia”.

Menurutnya, gagasan Haidar Bagir tersebut lebih tepatnya dikonsumsi oleh para pengambil kebijakan di pemerintahan agar apa yang menjadi gagasan, pandangan, serta pemikiran Haidar Bagir dapat di eksekusi untuk di implementasikan ke dalam kebijakan pemerintah bidang pendidikan.

“Itu juga kalau pemerintah setuju,” pungkasnya. (agus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x

Check Also

Mohammad Thamrin Ingatkan Jangan Ada Lagi Sekolah Tahan Ijazah Siswa

Swara Pendidikan.co.id (DEPOK) – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Depok, Mohammad Thamrin meminta kepada sekolah ...