Home / Berita Pilihan / Eko Jaya:SPMI Dapat Mewujudkan Impian Pendidikan
klik disini

Eko Jaya:SPMI Dapat Mewujudkan Impian Pendidikan

Swara Pendidikan.co.id (Cipayung/Depok)

Menurut Kepala SMK Al – Muhtadin Eko Jaya sistem Sekolah Model merupakan sistem yang lebih baik dalam upaya meningkatkan budaya mutu disatuan  pendidikan dikarenakan mengedepankan proses,”hal tersebut disampaikan disela kesibukannya sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Ekspose Sistem Penjamin Mutu Internal yang berlangsung di aula SMKnya Rabu (22/11).

“Artinya ada proses pemetaan mutu, proses perencanaan mutu, pelaksanaan mutu, monitoring dan evaluasi sampai penyusunan strategi,”jelas Eko.

Ia juga menambahkan pada setiap tahapan mendapat bimbingan selama  4 bulan dari pihak LPMP sehingga proses yang diharapkan dapat dipahami.”Kita juga mendapatkan strategi baru ketika menghadapi persoalan, dan setiap siklus bila proses dilaksanakan dengan baik maka hasilnya dapat mengikuti.

“Sedangkan sistem lainnya lebih menekankan hasil harus bagus sementara prosesnya kurang diperhatikan,sehingga terkadang hasil itu jadi instan dan balik lagi ketradisi lama tanpa berupaya menerapkan standar mutu,”tambahnya.

Adapun kendala yang dirasakan mengubah mindset warga sekolah yang terdiri dari dewan guru,orangtua siswa dan siswa itu sendiri serta dunia industri yang terlibat termasuk disekolah swasta pihak yayasan, dan terutama dari kalangan unsur pendidik yang harus mengacu kepada indikator mutu.

“Mengubah kebiasaan lama sesuatu yang sulit dan itu juga membutuhkan proses,”tukasnya.

Ia meyakini,”bila program SPMI dilakukan secara terus menerus berkesinambungan dapat mewujudkan standar mutu yang menjadi cita – cita bersama didunia pendidikan bukan sekedar impian,”yakinnya.

Kedepannya ia berharap untuk mencapai standar mutu juga membutuhkan biaya yang besar dan itu merupakan salah satu penopang proses SPMI,karena itu perhatian dari LPMP dan pemerintah terkait sangat membantu pihak sekolah,”harap Eko.

Sementara itu dari 16 sekolah piloting SMK Al – Muhtadin satu – satunya sekolah swasta dikota Depok yang menjadi piloting penerapan SPMI. (syahrul)

Leave a Reply

Your email address will not be published.