Home / Fokus / Dedi Supandi Resmi Pimpin Disdik Prov Jawa Barat

Dedi Supandi Resmi Pimpin Disdik Prov Jawa Barat

Jabatan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) provinsi Jawa Barat (Jabar) resmi diserah terimakan dari Dr. Ir. Dewi Sartika, M.Si. kepada H. Dedi Supandi, S.STP., M.Si.

Swara Pendidikan.co.id (BANDUNG) – Jabatan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) provinsi Jawa Barat (Jabar) resmi diserah terimakan dari Dr. Ir. Dewi Sartika, M.Si. kepada H. Dedi Supandi, S.STP., M.Si. di Aula Dewi Sartika Kantor Disdik Jabar, Jln. Dr. Radjiman No. 6, Kota Bandung, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Senin (15/06/2020).

Dewi yang kini menjabat Asisten Daerah Bidang Pemerintah, Hukum, dan Kesejahteraan Sosial pada sambutan serah terima jabatan (sertijab) mengatakan, pengganti dirinya merupakan sosok yang luar biasa.

Dedi Supandi bersama Kepala Cabang Dinas Pendidikan

Menurut Dewi Sartika, selain masih tergolong muda, Dedi telah meraih berbagai prestasi di berbagai instansi tempatnya menjabat.

“Insya Allah, di tangan beliau kita reugreug menyongsong dunia pendidikan yang dinamikanya luar biasa. Semoga Pak Dedi diberikan kekuatan dan kemudahan,” ucapnya.

Diakui Dewi, Disdik adalah ladang pekerjaaan yang besar dan panjang sepanjang hidupnya. Itulah kesan mendalam yang diungkap Dewi Sartika selama 1,5 tahun menjabat Kadisdik.

“Besar karena ada 1,8 juta objek pembangunan yang harus dipastikan mendapatkan hak pendidikan yang berkualitas, bermutu, berbudaya, dan berkarakter. Sangat panjang karena proses belajar tidak akan pernah berhenti,” tuturnya.

Untuk memajukan dinamika di dunia pendidikan katanya butuh energi besar. Di samping harus ada komunikasi tanpa henti dan tanpa syarat antar semua lini.

“Komunikasi adalah napas pendidikan dan itu harus selalu terjaga. Komunikasi di Kantor Radjiman dan antar 13 Kantor Cabang Dinas Pendidikan, seluruh satuan pendidikan, dengan seluruh 1,8 juta peserta didik serta 120 ribu guru dan tenaga pendidik dengan warna yang berbeda. Semua itu harus dibangun, dikembangkan, dan dipelihara,” paparnya.

“Semoga, kehadiran saya bisa mewarnai kemajuan pendidikan yang berkualitas dan bermutu,” tutupnya.

Sambutan Kadisdik yang baru, Dedi Supandi

Sementara itu, pengganti Dewi Sartika, Dedi Supandi menyebut, Ike sapaan akrab  Dewi Sartika merupakan sosok panutan.

“Saya dan ibu Ike sempat bekerja sama dan satu jalur koordinasi ketika saya masih menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung dan Ike menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak & Keluarga Berencana,” ungkap Dedi mengawali sambutannya.

“Setiap mengisi Peer Review yang menanyakan, Siapa eselon II terbaik? Saya tak sungkan memilih Ike. Ada tiga karakter atau sifat yang bisa diteladani dari beliau. Yakni smart, profesional, dan humanis,” sambungnya.

Sebagai orang yang diberikan amanah, tandas Dedi, dirinya akan melanjutkan program-program di dinas pendidikan yang sudah berjalan baik selama dipimpin oleh Dewi Sartika.

Penandatangan berita acara sertijab

“Saya juga akan langsung bekerja, bergerak cepat untuk memajukan pendidikan di Jabar. Ada beberapa program yang sudah saya siapkan, diantaranya program pendidikan karakter berbasis agama dan budaya,” tandas Dedi Supandi yang  diakhir sambutannya ditutup dengan sejumlah pantun.

Ketua MKKS SMK Propinsi Jawa Barat

Acara Serah Terima Jabatan ini dihadiri pejabat di lingkungan Disdik Jabar, mulai dari Sekdisdik Jabar, Wahyu Mijaya, seluruh Kepala Bidang PSMA, PSMK, dan PKLK, Kepala UPTD Tikomdik, Kepala Cabang Dinas Pendidikan serta perwakilan MKKS dan MKPS SMA, SMK, dan SLB. Ketua Dewan Pendidikan Jabar, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia Jabar, dan Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI). (Harlis)

Kepala Cabang Dinas 13, 12 dan 1

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x

Check Also

Profil Pjs Wali Kota Depok

Swara Pendidikan.co.id (DEPOK) – Kebijakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunjuk H. Dedi Supandi, S.STP, ...